Halaman

Kamis, 31 Mei 2018

Budidaya Pertanian Cabai Keriting KASTILO F1 di Perkotaan
Budidaya Pertanian Cabai Keriting KASTILO F1 di Perkotaan
Rabu, 08 Juni 2016 00:00
Pesemaian ;
·         Gunakan media semai yang memiliki tekstur halus dan lembut, dapat menggunakan campuran tanah : pupuk kandang : arang sekam (2:1:1) atau campuran tanah : kompos (1:1).
·         Siapkan tempat semai yang memudahkan proses pertumbuhan bibit seperti tray semai, baki, box atau wadah yang memiliki ketebalan 5-7 cm.
·         Buat lubang semai dengan jarak antar lubang 3-5 cm lalu masukkan 1-2 butir/lubang.
·         Pelihara bibit selama 25-30 hari ditempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung sampai siap pindah tanam.
·         Jaga kelembapan media dengan melakukan penyiraman 1-2 kali sehari atau tergantung kondisi kelembapan media tersebut.

Penanaman ;
·         Gunakan media tanam dengan campuran tanah : pupuk kandang (1:1) atau tanah : kompos : kokopit(2:1:1).
·         Siapkan tempat tanam seperti pot, polybag, wadah yg memiliki diameter 30-50 cm atau dapat ditaman langsung di bedengan, box bedeng.
·         Gunakan jarak tanam 45-50 cm sesuaikan dengan penggunaan tempat tanamnya, atur jarak tanam agar sirkulasi udara lancar.
·         Pastikan tanaman berada pada area yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Pemeliharaan ;
·         Penyiraman pada tanaman yang ditanam pada pot, polybag atau wadah lainnya memerlukan waktu yang intensif terhadap kelembapan media, lakukan penyiraman pada media tanam dan hindari penyiraman pada bagian tanaman.
·         Pemupukan dapat menggunakan pupuk organik atau anorganik sesuai dengan tujuan dan kebutuhan, sebagai catatan gunakan pupuk yang mengandung Nitrogen (N) dominan pada fase vegetatif dan tambahan Phospor (P) dan Kalium (K) pada fase Generatif, tambahkan unsur hara Calsium (Ca) untuk kesuburan serbuk sari sehingga proses pembuahan lebih sempurna. Lakukan pemupukan 5-7 hari sekali atau gunakan dosis anjuran.
·         Proteksi terhadap serangan Hama dan Penyakit dilakukan sesuai tingkat serangannya, dapat dilakukan secara manual, kimia, biologi atau kombinasi. Jangan abaikan kebersihah area tanam termasuk gulma, jarak tanam, sirkulasi udara dan paparan sinar matahari.

Panen ;
·         Cabai Kastilo dapat dipanen 100-115 HST.
·         Panen buah Cabai dengan memetik beserta tangkai buahnya untuk menjaga kesegeran buah lebih lama.
·         Cuci dengan air bersih lalu kemas dan simpan dalam lemari pendingin atau bisa langsung dikonsumsi.
Panduan & Tips Terkait
·         Tutorial Menanam Bunga

Sumber : http://www.panahmerah.id/guide/cultivasi-kastilo-f1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar